Ayo Lur !

Komunitas Opini

Ada wacana, rencana,uneg-uneg, beda pendapat, tidak setuju ataupun hal-hal lainnnya sebaiknya diutarakan. Jangan hanya dipendam, diam dan tak menghasilkan apa-apa. Bersikap diam tidak selamanya mampu menyelesaikan segala masalah yang ada. Justru dengan diam menggambarkan bahwa individu tersebut tidak memiliki sikap. Terbawa arus dan jika tidak mampu beradaptasi dengan aliran arus justru akan tergerus.

Keberanian untuk bersikap terhadap suatu hal akan membuat pihak lain akan menjadi tahu bagaimana sikap seseorang tersebut. Tentunya jika sikap itu berbeda sangat tidak bijak untuk memusuhi pendapat tersebut. Beda pendapat itu biasa, bukan hal yang luar biasa. Menumbuhkan sikap berani untuk mengemukakan pendapat tidak bisa terjadi dalam waktu yang singkat, perlu waktu yang panjang memang. Menghilangkan rasa malu, takut salah atau bahkan minder dalam diri seseorang juga bukan perkara mudah. Harus ada media. Media itu bernama forum.

Forum merupakan media untuk menumpahkan segala pikiran, gagasan ataupun bantahan. Di dalam forum semua memiliki hak dan kewajiban yang sama, baik itu untuk mendengar maupun didengarkan. Cobalah untuk melatih berpikir kritis, mengamati dinamika yang ada dan jangan bersikap apatis, tidak peduli dan tidak menggubris. Apalagi berbicara di tempat yang tidak seharusnya seperti sosial media, grundelan di luar  media forum lalu membentuk opini-opini lain. Sekali lagi, beda itu sesuatu yang biasa. Cobalah menghargai perbedaan, jangan hanya memaksakan kehendak diri sendiri. Kendalikan ego guna keberlangsungan komunitas untuk generasi selanjutnya.

Konsekuensi dalam berkomunitas sangat kompleks. Ada kegiatan ini itu, rutinitas sana sini dan lain sebagainya. Tapi berkomunitas seharusnya memudahkan setiap orang yang terlibat di dalamnya untuk berkomunikasi bukan malah memperlebar jarak miskomunikasi. Komunitas adalah arena bersosialisasi, berinteraksi bukan adu friksi.

Ayolah, coba bersuara. Jangan terpaku dengan keadaan sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.